Jumat, 28 Mei 2010

Penggunaan facebook sebagai cara mendapatkan dukungan sosial

Interaksi merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari diri seorang manusia, karena manusia pada hakikatnya dilahirkan sebagai makhluk sosial dimana mereka harus selalu berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Seorang manusia tidak akan bisa melakukan segala sesuatu dan menjalani hidup ini hanya seorang diri, suatu saat pasti ia akan membutuhkan kehadiran orang lain yang bisa membantunya memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang ia hadapi.

Mereka berinteraksi menggunakan bantuan alat maupun tanpa alat, hanya mengandalkan indera yang ada pada tubuh mereka. Mereka menggunakan bahasa verbal, yaitu kata-kata dan mereka juga bisa mengunakan bahasa non-verbal, yaitu bahasa tubuh, bahasa isyarat, simbol, sandi dan lain-lain. Kemajuan teknologi merupakan salah satu hal pendukung yang membuat interaksi manusia menjadi lebih mudah. Manusia bisa tetap terhubung dengan manusia lainnya yang jaraknya jauh dengan menggunakan salah satu hasil teknologi, yaitu internet. Di dalam internet terdapat berbagai jenis situs yang dapat diakses, terutama situs jejaring sosial.

Situs jejaring sosial sangat banyak jenisnya, situs yang terlahir dan didedikasikan untuk menjadi sebuah situs jejaring sosial, antara lain : Facebook, Friendster, Plurk, Twitter, MySpace, Tagged, Multiply dan masih banyak lagi yang lainnya. Suatu wadah atau yang disebut dengan facebook, yang familiar kita sebut dengan FB, sudah menjadi trend dan kebutuhan hidup kita. Tidak hanya para remaja yang kerap kali menggunakan situs ini, namun anak-anak di bawah 17 tahun bahkan orang tua dan dewasa pun telah menggunakannya. Facebook sebagai salah satu jejaring sosial yang sangat maju, tentu banyak peminat yang bergabung untuk mencoba menjelajahi dunianya. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang paling diminati saat ini. Dengan jumlah anggota mencapai 200 juta orang di bulan April 2009 lalu berdasarkan catatan dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg, membuat situs ini menempati peringkat ke-6 sebagai situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna layanan internet di seluruh dunia.

Pengaruh Facebook dalam kehidupan sosial sangat besar, di lingkungan sosial Facebook dapat menjadi wadah dimana setiap orang dapat mengenal orang baru yang berasal dari berbagai belahan dunia dan daerah, tanpa harus bertemu dan berkomunikasi secara face to face, bisa berkomunikasi dengan kawan lama yang sudah lama tidak berjumpa, mengetahui segala macam informasi yang up to date dari teman-teman yang bergabung dalam lingkungan pertemanan Facebook, dapat membangun relasi bisnis karena mulai banyak individu maupun coorporate yang mengiklankan bisnisnya, pengiriman pesan dari satu orang bisa di terima oleh banyak orang.

Kemudahan membuat grup di Facebook dimanfaatkan untuk melalukan berbagai gerakan sosial. Misalnya, dukungan bagi Prita Mulyasari. yang mendukung pembebasan Prita Mulyasari, salah seorang pasien Rumah Sakit OMNI yang dipenjara karena curhat dengan teman-temannya melalui e-mail padahal apa yang dilakukan Prita adalah keluh kesah karena mendapat pelayanan yang tidak memuaskan dari Rumah Sakit OMNI Internasional. Prita yang dituding telah melakukan pencemaran nama baik terhadap RS OMNI, rupanya menarik simpati banyak orang. Perjuangan grup dukungan bagi ibu prita mulysari, penulis surat keluhan melalui interner yang di penjara terus berlanjut tatkala Pengadilan Tinggi Banten mengharuskan ibu dua anak itu membayar denda Rp204juta. Vonis denda itu membuahkan grup dan gerakan yang lebih fresh bertajuk 'Koin untuk Prita'. Hasilnya gemilang, banyak masyarakat yang tersentuh dan bergabung dengan grup ini lalu mengumpulkan koin untuk membantu Prita.

Gerakan yang sama dengan Koin Pedul Prita adalah Koin Cinta Bilqis. Bilqis Anindya Passa anak dari Donny Ardianta Passa (33) dan Dewi Farida (37) sempat putus harapan, pasalnya anak mereka Bilqis menderita penyakit Atresia Bilier. Operasi transplantasi yang akan dilakukan diluar negeri tersebut membutuhkan biaya yang jauh dari jangkauan mereka. Kemudian terinspirasi dengan Koin Peduli Prita mereka pun menggalang dana melalui situs jejaring sosial, Facebook. Gerakan yang juga menggeliat di Facebook adalah 'Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto' yang diinisiasi Usman Yasin. Dukungan terhadap grup ini pun luber. Melalui grup ini Facebooker menentang penahanan Bibit dan Chandra karena berkeyakinan keduanya tidak bersalah. Simpati masyarakat terhadap kedua pimpinan badan pemberantasan korupsi ini pun kian tinggi. Sebaliknya, sentimen negatif masyarakat terhadap aparat kepolisian kian meluas. Perjuangan para Facebooker ini berbuah manis, yakni dibebaskannya kedua pimpinan KPK tersebut.

Gerakan sosial lain yang 'membonceng' Facebook adalah grup yang menyampaikan kekecewaannya terhadap Perusahaan Listrik Negara (PLN) akibat aksi pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta. Grup bernama 'PLN oh PLN' ini memberikan julukan baru bagi PLN, yakni 'Perusahaan Lilin Negara'. Namun gaung dari kelompok yang satu ini tidak seriuh kelompok Prita maupun Bibit-Chandra. Belakangan, muncul juga gerakan 'Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng'. Grup ini mempertanyakan jasa Obama bagi bangsa Indonesia sehingga perlu ada monumen di Taman Menteng. "Apa visi dari pembangunan monumen Barack Obama? Adakah manfaatnya bagi masyarakat?" tanya grup yang diinisiasi oleh Heru Nugroho dan Daniel Rudi ini. Grup ini menilai bahwa keberadaan patung Obama di Taman Menteng ini menginjak-injak kedaulatan bangsa Indonesia. Penggagas grup ini bahkan berniat untuk melakukan class action jika ajakan dialognya tidak diacuhkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD. Belum ada titik terang apakah gerakan ini akan membuahkan hasil seperti yang diinginkan kelompok tersebut.

Kemudahan menggunakan Facebook mungkin jadi salah satu faktor, mengapa dukungan melalui Facebook menjadi begitu populer. Penggunaan facebook sebagai cara untuk mendapatkan dukungan sosial menurut saya sah-sah saja asal tujuannya baik dan tidak merugikan orang lain sepeti misalnya, dukungan pada Prita Mulyasari yang diperlakukan tidak adil di depan hukum dan koin cinta untuk Bilqis anak yang membutuhkan dana besar untuk operasi transpalansi. Karena saat ini juga banyak yang memanfaatkan facebook untuk hal-hal yang tidak baik.

Belakangan diketahui bahwa para teroris merekrut dan bertukar informasi dengan anggotanya melalui facebook. Berbagai sumber mengatakan bahwa gembong teroris paling populer sedunia, Al-Qaeda menggunakan Facebok sebagai sarana memperluas jaringannya. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat sedemikian besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh suatu tindak Terorisme, serta dampak yang dirasakan secara langsung oleh Indonesia sebagai akibat dari Tragedi di Bali, bom di JW Marriot dan hotel Ritz Carlon yang banyak menewaskan orang-orang yang tidak bersalah. Dan kesemuaanya itu tergantung bagaimana masyarakat menanggapi fenomena Facebook tersebut. Harapan saya facebook dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya bukan untuk nhal-hal yang tidak baik seperti penculikan yang banyak diberitakan bahwa anaknya hilang setelah berkenalan dengan seseorang melalui Facebook. Semoga masyarakat dapat dengan cerdas memanfaatkan kemajuan teknlogi komunikasi sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebesar-besarnya dan sebagaimana mestinya. tentunya kemudahan dalam membuat grup pada facebook harus disikapi dengan bijaksana jangan asal membuat grup di Facebook atau masuk menjadi suatu group tanpa memahami secara jelas isu yang diusung group tersebut.

Dukungan melalui Facebook juga secara tidak langsung merupakan gambaran bahwa DPR kita belum mampu mewadahi aspirasi dari rakyat, sehingga masyarakat membuat dukungan melalui jejaring sosial seperti Facebook dengan anggapan mereka mampu menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat. Karena seringkali para mahasiswa maupun masyarakat melakukan aksi demo terhadap pemerintah. Akan tetapi apa yang terjadi, pemerintah tidak pernah menggubris apa yang disampaikan oleh masyarakat. Mereka hanya sibuk dengan urusan mereka pribadi, tanpa memikirkan kehidupan rakyatnya yang membutuhkan perhatian dari pemimpinnya.


Dampak dan konsekuensi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi internet

Internet ialah rangkaian komputer yang terhubung didalam beberapa rangkaian yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).

Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet. Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up dan jalur lebar.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3, IM3, Fren, Esia) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.


Dampak positif dan negatif dari penggunaan internet

Dampak positif:

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.


2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.


3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.


4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.


5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain


6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.



Dampak negatif:


1. Cybersexual addiction
yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.


2. Cyber-relational addiction
adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.


3. Net gaming yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.


4. Information overload Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.


5. Mengurangi sifat sosial seseorang karena cenderung lebih suka berhubungan melalui internet daripada bertemu secara langsung. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.


6. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet.


7. Kurangnya waktu belajar karena keasikan internetan.


8. Pola hidup tidak teratur.


9. Mayarakat terbiasa melakukan hal-hal dengan praktis sehingga tidak termotiasi melakukan hal-hal yang sulit.


10. Pola hidup konsumtif

11. Perceraian, karena berteman dan bekomunikasi secara bebas sehingga menimbulkan kecemburuan dan selingkuh


12. kesulitan membedakan hal nyata dan tidak nyata. gejala penyakit neurotik skizofrenia.


13. Sering dijadikan ajang untuk membicarakan narkoba dan seks. Dari sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan asal University of Washington, terungkap kalau 54 persen remaja yang tergabung di Facebook dan Myspace, sering membicarakan hal yang sensitif seperti narkoba dan seks di forum facebook.


Terdapat kebimbangan masyarakat tentang internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian adalah hal yang biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Beberapa kejadian yang disinyalir akibat penggunaan internet. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.


referensi:

http://dwiariani.blog.com/2010/05/22/perkembangan-teknologi-komunikasi-penggunaan-facebook-sebagai-cara-untuk-mendapatkan-dukungan/

http://youleea.blogspot.com/2010/05/penggunaan-facebook-sebagai-cara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar